PUTRI BIYYA BILQAA

Selamat Datang di Blog PUTRI. Tetap Belajar Walau Sudah Mengajar, Tetap rendah diri pantang menyerah tetap semangat :)
SELAMAT DATANG DI BLOG PUTRI

Wednesday, May 24, 2023

Pengalaman Kegiatan Wisata Digital tanggal 20 Mei 2023 di Taman Teratai Indah

Guru di Era Digital ?

Dalam kegiatan ini guru dalam pembuatan media pembelajaran Digital untuk penerapan pembelajaran berdiferensiasi.

Bermula dari melihat postingan teman untuk mengajak semua dalam kegiatan wisata digital guru, kemudian saya tertarik untuk mengikutinya selain waktunya juga diluar jam kerja juga dalam kegiatan ini kita akan mendapatkan sertifikat hehe... mulailah disini saya mengajak teman-teman guru seperjuangan saya yang lain untuk mengikuti juga kegiatan tersebut dan alhamdulilah teman-teman saya antusias sekali untuk ikut serta mengajak teman-teman yang lain juga untuk menambah pengetahuan dan pengalaman baru, oh iya kegiatan ini juga freee alias gratis loh hehehe....

Dalam mengikuti kegiatan ini kami datang ditempat yang telah ditentukan kegiatannya yaitu di Taman Teratai Indah Kota Singkawang pada hari sabtu tanggal 20 Mei 2023 yang dilaksanakan pada pukul 08.00-16.00. disini kami mendapatkan pengetahuan baru yaitu cara penggunakan aplikasi digital salah satunya aplikasi BLOGGER dan aplikasi WORDWALL.

Pada materi Blogger disini kami diajarkan pertama kali adalah cara membuat blogger terlebih dahulu bagi kami yang belum  mempunyai blogger, selanjutnya cara menyisipkan template dan mengubah nama blog kita, lalu cara membuat postingan dan menyisipkan gambar blog, selanjutnya lagi cara mengubah warna Header dan Tulisan berjalan diBlog, lanjut cara mengganti slider diblog, lanjut cara mengganti menu di blog, dan cara mengganti link medsos di blog.

Seperti kita ketahui blogger itu jurnal online atau situs web informasi yang menampilkan informasi dalam urutan kronologis terbalik, dengan postingan terbaru yang muncul pertama, dibagian atas. Ini adalah platfrom dimana seseorang dapat berbagi pandangan mereka tentang sesuatu. Blogger bersifat mobile dan tidak perlu berada disuatu tempat. Selama ada jaringan internet dan perangkat, mereka bisa berkreasi menuangkan pikiran mereka. Awalnya blog dikenal sebagai ”weblog” yang digunakan agar orang bisa menulis tentang kegiatan mereka sehari-hari. Aktivitas sehari-hari atau pikiran mereka menjadi konten untuk situs mini yang mereka miliki, dimana mereka merekam pendapat, cerita, foto, dan video.beberapa situs mini ini juga bisa mendapatkan pengikut dan akhirnya lahir hobi blogging bagi sebagian orang.

Setelah kami paham akan blogger mater kedua adalah aplikasi Wordwall yang merupakan aplikasi berbasis website yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran sepeeti kuis interaktif, memasangkan pasangan, acak kata, dan anagram. Dan ada banyak lagi fitur yang dapat kita pilih sehingga memberikan banyak kemungkinan variasi dalam penyampaian materi ajar. Dalam aplikasi ini menyediakan 18 template yang dapat di akses secara gratis. Dalam aplikasi wordwall juga mempunyai fungsi bagi kita pengguna dalam pembelajaran yaitu dengan memvariasikan metode dan gaya ajar, peserta didik menjadi tidak jenuh selama pembelajaran. Penggunaan aplikasi seperti wordwall membuka ruang bagi siswa untuk berkreativitas dan berinovasi selama pembelajaran berlangsung. Selain itu juga tampilan pembelajaran yang enak dipandang akan meningkatkan wibawa serta kepercayaan kita sebagai pendidik didalam kelas.

Dengan mengikuti kegiatan dalam acara Workshop Literasi Digital dan Launching Pekan Raya IT tahun 2023 Se-Kalbar ini dengan Narasumber Trainer Daerah / Nasional Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Singkawang, kami sangat berterima kasih yang sedalm-dalamnya karena telah menyediakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kami guru-guru sekarang yang harus belajar akan adanya perkembangan zaman pada era digital ini suatu pengalaman dan pengetahuan baru bagi kami serta menambah ilmu bagi kami guru-guru muda yang ada di kota Singkawang ini juga menambah teman serta menjaga silahturahmi antar sesama guru baik dari jenjang SD dan Jenjang SMP maupun jenjang SMA.

 




PENULIS :

Ridha Rinanda Cahyaunique Putri, S.Pd

0 comments:

Post a Comment